Senin, 23 Maret 2015

MUSIM BATU AKIK



“Bro yang sopan dong, masak tarok kaki diatas meja”..“lah ini tangan bukan kaki”..”yaelah itu kaki kalee, yang namanya tangan itu ya kayak gini (sambil ngelambain tangan, pamer cincin yang batu akiknya sebesar upil hulk)..

“bro tau gak bedanya manusia dengan monyet”..”aaahhhh..gampang, kalo manusia pantatnya berbulu kalo monyet gak..” “SALAH... pantat saya gak berbulu ko’ ”..”ah kamu bohoong kaaann..dimana2 pantat orang itu berbulu semua”..”kalo gak percaya nih saya liatin”..”manaaa (ngomong lembut manja sambil kedip2 mata dan lobang hidung)”..”niiihhh (sambil buka celatiiiiiii......t)”..aaaaarrrgggggghhhhhh...maaf..maaf salah cerita, nih saya ulangin ya cerita beda monyet sama manusia yang benar.. #Rewind

“Ehm..bro tau gak bedanya manusia dengan monyet”..”aaahhhh..gampang, kalo manusia pantatnya berbulu kalo monyet gak..” SALAH...(haha..tenang aja ini cerita yang benar bukan cerita yang kayak tadi) oke kita ulangin lagi ya.. “SALAH..kalo manusia itu ya kayak gini (sambil ngelambain tangan, pamer cincin yang batu akiknya sebesar upil hulk) kalo monyet??? HA HA HA HA.... ß *KETAWA ANTAGONIS

Itulah kata2 yang biasa saya dengar setiap saya ketemu sama teman para pengguna batu akik..saya rasa kalian pasti jg sering kan denger yang kayak gituan kan ß*Nyari Kawan ....

Musim batu akik sekarang benar2 merajarela (eh sebenarnya merajarela atau melajalera atau mejalarala sih yang benar?) ß lupain yg ini..ditiap sudut kota pasti ada tukang batu akik, dan yang bikin kaget adalah tukang batuk akik lebih merajarela dari pada tukang es capucino cincau, dan yang bikin menarik orang2 pun banyak yang beralih profesi menjadi tukang batu akik, ada yang dulunya kerja dibank terus resign terus dia jadi penjual batu akik, ada polisi yang nyamar jadi tukang batu akik, ada yang dulunya tukang ojek sekarang jadi tukang asah batu akik, dan ada juga yang dulunya tukang es capucino cincau sekarang jadi tukang es capucino bacan..halaah..

Dulu batu tidak ada harganya tapi skg harganya udah selangit..cobalah kita belajar hidup dari batu, waktu jadi bongkah batu itu gak ada harganya tapi kalo udah diasah dan jadi mengkilat, harganyapun bisa diluar batas nalar manusia..(eeaalalahah mendadak jadi motivator pula) mangkanya kalo harga diri kalian pengen naik drastis kalian harus mengkilat, ya minimal kepalanya lah yang mengkilat..buktinya banyak yang kepalanya yang mengkilat jadi orang sukses..mengkilatnya bukan karena rambutnya rontok tapi ya emang karena kepalanya sering diasah/dijitak..
ingat ya MENGKILAT bukan MENJILAT...eh ada yang mau kepalanya saya mengkilatin gak nih...

Saya adalah salah satu orang yang gak terlalu tertarik dengan batu akik..ya bukan alasan karena gak suka tapi karena gak ada duit aja buat beli batu akik..haha..gak tau ya kenapa, saya gak dapet feel bermain batu, gak ada sesuatu yang menarik dari batu yang saya dapat, yang saya tau kalo batu itu adalah benda padat yg keras..makanya kalo ada orang yg susah dinasehatin itu biasanya dibilang “Kepala Batu”..dulu mungkin orang gak suka kalo dibilang “kepala Batu” tapi mungkin orang2 sekarang akan bahagia kalo di bilang “Kepala Batu” apalagi kalo ditambah “Kepala Batu Bacan”.. *Apa sih

Kalo marah sama orang sekarang enak, bukan ngomong “aku Pecahkan kepala kau nanti” tapi diganti “aku asah juga kepala kau nanti” orang2 pasti takut tapi takut mereka minimal dihargainlah apalagi kalo hasil asahan kepala mereka bagus. ß halaaaahhhh... omongannya mulai ngelantur..udahlah kalian gak usah baca sampe kebawah ceritanya udah gak jelas lagi nih L
Okeh kita lanjut cerita lagi ya sodara – sodara : Saya selain kurang suka makek batu akik saya termasuk orang yang ceroboh, saya gak bisa makek perhiasan ditangan misalnya kayak jam atau cincin, makek gelang pun (dulu waktu kuliah) Cuma gelang karet bekas tutup oli..perhiasan ditangan pasti gak bertahan ditangan saya,kalo gak rusak mungkin hilang, tapi lebih banyak rusak sih..soalnya tangan saya ini aktif gak bisa diam, diamnya kalo lagi abis batre aja.. tangan saya suka gendang2 gak jelas gitu kalo lagi bengong diatas meja..dari pada rusak mending tangan saya polos aja kayak baju Bapak Presiden kita sekarang yang putih polos J..gpp lah saya dibilang monyet dari pada saya harus berpura2 menjadi Manusia..haeellaaaahhhh

Lagian saya dulu waktu kuliah sebenarnya udah makek batu akik malahan saya sempat dapat cewek gara2 batu akik gini nih ceritanya :

“dulu waktu jaman kuliah saya hampir sebulan sekali bolak balik jogja-bandung naik kereta buat pacaran sama mantan pacar saya, nah waktu itu saya waktu mau berangkat kebandung gak sengaja saya duduk sebelahan sama cewek cakep, putih, rambutnya blonde pokoknya gayanya asik deh kayak anggota ceribele deh, gayanya kayak jepang2 gitu tapi Cuma bisa ngomong ikah..ikah..ikah haha .
dulu saya termasuk orang yang kurang bisa basa basi dengan cewek, saya dulunya cemen, kalo ada cewek biasanya saya keringat dingin terus mencret dicelana tapi kali ini saya udah gak mencret dicelana lagi soalnya saya udah makek pampers...setengah jam perjalanan kami hanya membisu kayak orang gak kenal, *emang sebenarnya belum kenal, (“gimana sih ini yang nulis ko’ tulisannya belepotan gini” “iya..iya..maap”..lanjut lagi  ya,).
Kami hanya sibuk dengan kegiatan masing2, dia sibuk mainin rambut sambil sisiran sedangkan saya sibuk maini bibir sambil lipstikan (WOIII, yang ini disensor aja) eh salah maksudnya sibuk maini gadget, (tenonet..tenonet..bunyi sms dari hape saya), saya ngambil hape dari kantong terus dia juga ngambil hape dari tasnya dia, “eh bunyi hapenya sama ya, saya kira itu tadi bunyi  hape saya” kata cewek disebelah saya tadi.
 ehh...cewek yang duduk disebelah saya tadi lupa dikasih nama ya, waduuuhhh maaf ya, namanya markonah tapi boleh panggil raisa ko’ biar asik aja bacanya..kita lanjut lagi ya, à “eh bunyi hapenya sama ya saya kira itu tadi bunyi  hape saya” kata raisa cewek  yang disebelah saya tadi (gak perlu kale ditulis lagi “CEWEK  YANG DISEBELAH SAYA TADI” cukup “KATA RAISA” aja yang baca udah ngerti ko’), yaudah kita ulang ya “eh bunyi hapenya sama ya saya kira itu tadi bunyi  hape saya” kata raisa (nah gitu donk biar ceritanya gak jadi panjang gini) (eh kau koment terus kayak gini yang bikin ceritanya jadi panjang bego’) (oh iya maaf L lanjutlah lagi ceritanya SIKAT PAK HAJIIII)..oke lanjut ya “wah sama ya, haha iya mbak maklumlah hape pasaran jd banyak yang sama (sebenarnya “sama” itu moment yang pas buat ngegombal , tapi apalah daya saya takut digampar soalnya baru kenal)
                
Akhirnya kita pun kenalan, dan ternyata si raisa emang ada keturunan jepang gitu, dia kuliah ngambil jurusan Politik Dunia Lain deh kalo gak salah, saat itu dia lagi nyusun skripsi tentang perpolitikan dijepang (kalo gak salah).. dia juga suka ngupil makek kelingking kaki kalo gak salah. setelah ngobrol banyak tentang pendahuluan dan latar belakang kita masing2 akhirnya kita masuk ke BAB II yaitu tujuan dan manfaat , haha (ß korban skripsi ) setelah nada dering sama ternyata tujuan kita kebandung juga sama, kalo dia kebandung buat nemui pacarnya saya pun begitu mau nemui pacarnya dia juga, ternyata pacar kita sama..haha gak lah..dia nemui pacarnya saya pun nemui pacar saya..
akhirnya obrolan kita pun jadi panjang dan asik karena variabel kita ternyata korelasi, akhirnya kita buat judul skripsi yang sama yaitu “hubungan antara jenis kelamin dengan harga tiket jogja-bandung kelas bisnis” itu benar2 judul skripsi yang gak bisa diandelin..okeh diskip aja ya...setelah ngobrol panjang lebar ternyata dia ngeliat cincin saya dan ternyata dia suka dengan warnanya “eh itu warna batunya un9u ya?”||“gak mbak tapi ungu”||“wah bagus ya batunya soalnya saya suka warna ungu” (itulah sebagian sifat wanita, dia gak peduli modelnya apa, asli atau palsu yang penting warnanya sama dengan warna kesukaan dia, dia pun ikut suka) “wah mbak suka ya dgn batu saya, kalo gitu tukeran nomor hape yuk, siapa tau ntar dijogja kita bisa curhat2an tentang suka dukanya LDR Jogja-bandung” (modus pun dilancarkan walaupun gak nyambung dgn alasan tukeran nomor hape dgn batu akik, biarlah yang penting asik).
Karena keasyikan ngobrol akhirnya kita gak sadar kalo kita udah ketiduran dari tadi terus kebangun gara2 pemberitahuan dari kereta kalo bentar lagi nyampe distasiun Bandung..setelah nyampe distasiun Bandung sekitar jam 5 pagi akhirnya kita pisah, dia pergi karena sudah dijemput pacarnya sedangkan saya pergi nyari bangku tunggu yang kosong buat ditidurin.. – s e l e s a i –
(WOY tunggu dulu katanya dapat cewek, mana dapatnya itu Cuma dapat nomor hapenya aja!!!)
(oh iya maaf itu belum selesai, kita jalannya pas udah dijogja. beberapa bulan saya gak ada ngabarin dia terus waktu saya putus untuk yang keberapa kalinya sama yang dibandung saya iseng2 coba ngabarin dia, eh taunya dia juga baru putus sama cowoknya dibandung..akhirnya kita jalan deh karna variabel kita benar2 korelasi, akhirnya kita buat judul skripsi lagi setelah judul skripsi yang sebelumnya ditolak mentah2 sama dosen pembimbing skripsi  akhirnya kita buat judul skripsi yang baru “hubungan antara harga tiket jogja-bandung kelas bisnis dengan jenis kelamin”). 
*T A M A T*

Yaudah kita lanjut lagi kecerita tentang batu akik lagi ya. Entah kenapa setiap tukang batu dipinggir jalan pasti selalu rame, gak tau itu emang orang lagi mau nyari batu akik, atau pun ada yang lagi ngasah batu, atau jangan2 ada topeng monyet yang lagi ngasah batu..
Pas lagi dilampu merah saya ngeliat tukang asah batu akik yang lagi rame2nya, penasaran donk pengen tau ada apa sih sebenarnya akhirnya saya turun dari motor terus saya liat kesana, ternyata itu hanyalah penonton bayaran dah*syat yang dibayar sama tukang asah batu akik buat ngeramein lapaknya aja. Haha ya gak lah ternyata mereka lagi ngasah batu sama ada pembeli yang lagi ngeliat2  batu akik yang udah jadi, terus ada juga yang Cuma pamer batu akik milik dia “bang ini batu apa bang” “ow itu bacan” “ow makasih bang (terus dia pulang, Cuma nanya itu aja)” lah terus yang lainnya, ya yang lainnya emang benar2 penonton yang Cuma nontoni aja sama ada yang jadi wartawan dadakan, banyak tanya tapi gak beli Cuma nanya2 aja..kayak gini ni contohnya:
TT           : ini batu apa bang (sambil nunjuk2 batu cincin yang udah jadi di dalam kaca tempat jualan)
ABC        : ini batu kecubung
TT           : nah kalo ini bang
ABC        : ini batu solar aceh
TT           : Nah kalo yang ini bang
ABC        : nah yang ini batu jangek, kalo yang itu batu sangek, nah kalo batu tu aku lempar kekepala kau bisa pecah juga palak kau tuh..
TT           : ow okeh bang *kabuuuuuurrrr
Lagi asik2nya ngeliat abang tukang batu ngomel2, ada yang nepuk pundak saya. Setelah saya ngeliat kebelakang ternyata pak polisi yang berseragam polisi yang menepuk pundak saya. “maaf pak lutut, kaki, lutut, kaki saya gak ditepuk juga ya” “Apalah kau ini” “eh..maaf pak J, mau liat2 batu akik jg ya pak *akhirnya saya menyingkir satu langkah kekiri grak*”
PP           : “Bang.. (pak polisi manggil abang tukang batu)
ABC        : siap pak *push up
PP           : saya mau nanya selain ngasah batu cincin bisa ngasah besi juga gak..
ABC        : siap pak bisa, emangnya kenapa pak? *push up
PP           : kalo bisa ngasah besi, bisa gak tolongin saya asahin motor yang disana *sambil nunjukin motor saya
Sy           : lah itu motor saya pak, emangnya motor saya mau diikutin kontes motor asahan apa pak (eh..emang ada apa kontes motor asahan..aaahh..bodo’ amatlah)
PP           : KAU KALO PARKIR MOTOR JANGAN DILAMPU MERAH BEGO’ ORANG2 MAU LEWAT GIMANA?  KALO GAK KAU PINDAHKAN JUGA, SELAIN MOTOR ITU AKU ASAH JUGA KEPALA KAU NANTI.
Sy           : hahaha maaf pak khilaf *kabuuuurr
TT           : bang..bang..itu disebelah batu jangek itu batu apa bang
PP           : naaahhhhhh..kau lagi dari tadi banyak tanya aja, nanya aja beli gak “aku asah juga kepala kau nanti”  
TT           : *mundur perlahan-lahan terus kabuuuuurrrr “NOOOYYY TUNGGU NOOYYY”
PP           : aaahhh..ada2 aja tingkah anak2 jaman sekarang..yaudah bang saya balik keposko dulu ya (ngomong sama ABC).. ntar jangan lupa ya setengah jam lagi kumpul diposko kita mau razia..
ABC        : Siap Pak *Push Up
Bingung ya bacanya?
saya aja yang nulis bingung apalagi kalian yg Cuma baca..
Note :
ABC        : Abang Batu Cincin
PP           : Pak Polisi
Sy           : Saya
TT           : Tukang Tanya (Kawan Saya)

TIDAK SEMUA YANG KALIAN BACA ITU BENAR, KESAMAAN TOKOH ATAUPUN KARAKTER TENTULAH KESALAHAN KALIAN SENDIRI, KENAPA HARUS SAMA DENGAN CERITA SAYA..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar